Saturday, November 29, 2008

Yang Beda di KLa Returns


Ada yang beda di mini album KLa Returns milik KLa Project, formasi asli KLa Project (Katon, Lilo & Adi) mengemas lagu "Someday" dengan nuansa modern dengan lirik campuran bahasa inggris dan indonesia serta penampilan rapper asal InggrisChristoper Aguilar yang konon didapatkan Katon via akun Facebook miliknya. Kalo untuk lagu kedua "Tak Ingin Ku Beralih" masih kental sekali bernuansa KLa Project. Album KLa Returns yang berisikan 4 lagu termasuk lagu "Yogyakarta" dan "Semoga" yang diaransemen ulang oleh trio KLa Project dengan nuansa baru tapi tetap seperti rasa lagu aslinya. KLa Returns akan dilaunching tanggal 29 November 2008, diproduksi secara indie oleh KLa Production dan diedarkan Disc Tara.

Katon, Lilo, dan Adi memiliki alasan untuk memakai nama KLa Returns. "Kami pakai Returns karena kami memang kembali dengan karya baru, enggak cuma reuni dengan ngebawain lagu-lagu lama," kata Adi. "Kami lebih hebat dari The Police. Mereka cuma reuni dengan mainin lagu-lagu lama," imbuh Adi berseloroh. Dan sepertinya mini album berisi 4 lagu ini lebih mengandalkan penjualan secara digital seperti via ring back tone bukan secara fisik karena kemungkinan lebih cepat versi bajakan atau pengunduhan secara ilegal di internet.


Berikut Press Release dari KLa Project:

Dimulai sejak berdirinya, tahun 1988 hingga saat ini, KLa Project selalu konsisten dalam memberikan pilihan kreatifitas musik yg lebih luas bagi dunia musik pop Indonesia yang kebanyakan terbatas hanya dalam selera pasar semata dan kurang berani berinovasi baru.

Berangkat dari hal tersebut di atas, KLa project memutuskan untuk berkumpul kembali (reuni) dalam formasi trio original KLa Project yaitu Katon, Lilo dan Adi dengan mengeluarkan karya terbarunya sebagai pilihan alternatif gaya musik pop di masa kini. Sekaligus sebagai momen memperingati usia perjalanan karir bermusik KLa Project selama 20 tahun di peta musik Indonesia. Reuni ini pun juga merupakan jawaban atas kerinduan para KLanese (baca: klanis) - sebutan untuk penggemar KLa Project - dan juga para penikmat musik Indonesia.

Tanggal 29 November 2008, dengan formasi trio original, KLa Project merilis mini album bertajuk KLa Returns. Mini album ini berisi 4 (empat) buah lagu. Terdiri dari 2 (dua) lagu baru, berjudul SOMEDAY dan TAK INGIN KU BERALIH; serta 2 (dua) lagu lama yang direkam ulang dengan gaya audio treatment yang baru, berjudul YOGYAKARTA dan SEMOGA.


Lagu berjudul SOMEDAY berirama rock - R n B pop, sangat bernuansa modern, menggunakan lirik lugas berbahasa campur inggris dan indonesia, berkesan selera urban, memiliki banyak gimmick di antaranya adalah suara rapper international berdarah keturunan Inggris – Philipina. Isi lagu ini berkisah tentang keinginan yang dalam dari seseorang dengan menggunakan segala kemampuan yang ada dalam dirinya untuk meraih gadis impiannya tanpa keraguan sedikitpun. Namun selain isi tersebut di atas, lagu ini juga mempunyai makna penting di layer kedua yaitu, apabila kita mempunyai keinginan yang kuat, selalu bersikap positif, berusaha keras dan yakin tanpa keraguan sedikitpun maka insya Allah segala yang kita inginkan tersebut akan tercapai dengan sepenuhnya.


TAK INGIN KU BERALIH adalah track kedua di album ini, berirama pop rock dan sangat kental ciri khas KLa-nya, lengkap dengan lirik puitis lugasnya, romantik, namun tetap berkesan tegarnya karakter dan tidak cengeng.

Lagu berirama pop kontemporer dengan judul YOGYAKARTA ini menjadi prestasi tersendiri bagi KLa Project di ajang BASF Award sekian tahun lalu. Ini adalah salah satu karya fenomenal KLa yang meski bercerita tentang satu kota namun bisa diterima oleh setiap penggemar tanpa melihat suku maupun ras dan menjadi lagu wajib yang selalu berada di daftar reportoir KLa setiap show/konser. Pada lagu ini pula KLa Project kembali mengajak Siska Insani sebagai vokal latar sebagaimana pernah dilantunkannya 20 tahun yang lalu.


SEMOGA menjadi lagu penutup di mini album KLa Returns. Lagu ini merupakan salah satu lagu hits yang telah terbukti melegenda meski belum pernah dipromosikan secara langsung melalui media videoklip.


Rilis album KLa Returns dan penampilan dengan reportoar lagu-lagu hits serta lagu terbaru akan digelar Sabtu, 29 November 2008 bertempat di KAMASUTRA, CROWNE PLAZA HOTEL, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, pk 22.00 WIB.
Mulai 29 November 2008, CD Terbaru KLa Returns telah tersedia di Tarra Group dan Carrefour.


Author: Tamtomo | More Music On: www.tamtomousic.co.cc

No comments: