Wednesday, November 05, 2008

Matinya Radio Jazz & Klasik


Salah satu radio yang mengkhususkan memutar lagu Jazz & music Klasik di Jakarta udah tamat riwayatnya. CNJ 99.9 FM (Classic News And Jazz Radio) atau DJNK (Djakarta Jazz & Klasik Radio) atau nama resmi Radio Draba yang mengudara di 99.9 FM telah menghentikan pemutaran lagu Jazz & Music Klasik sejak akhir Agustus ini dan yang pasti alasannya klasik yakni bisnis mengalahkan idealisme dan berarti kepemilikan radio ini berpindah tangan.

CNJ 99.9 FM mengudara sejak 5 tahun yang lalu nonstop 24 jam tanpa henti, tanpa iklan dan tanpa penyiar hanya selipan jingle radio saja. Konon dahulu kala radio ini di-launching di salah satu tempat elit di Jakarta dan para pemilik radio CNJ adalah orang-orang ternama, salah satunya adalah pengacara beken Todung Mulya Lubis. Menurut salah satu website khusus musik Jazz, radio ini menjadi oase bagi penggemar musik Jazz dan klasik di Jakarta di tengah kemacetan lalu lintas sehingga menjadi favorit penggemar jazz bahkan membuat iri penggemar jazz di kota lain. Materi lagu yang diputarpun beragam mulai dari dixieland, swing, bebop, fusion sampai smooth jazz.

CNJ 99.9 FM ini emang dari awal mengambil segmen sempit alias A+ (kalangan atas) yakni hanya memutar lagu jazz dan musik klasik, di kota lain juga ada salah satu yang mengambil segmen ini yakni Radio KLCBS, The Jazz Wave Bandung yang mengudara di 100.4 FM. Beda dengan CNJ 99.9 FM, KLCBS tetap mengudara yang berarti iklan masih menjejali di sela-sela program-programnya.

Dahulu kala di Jakarta juga ada salah satu stasiun radio yang mengkhususkan memutar lagu Klasik, mungkin ingat dengan radio Top FM/ Radio Klasik (salah satu radio milik Puspen ABRI) yang mengudara dari Arthaloka yang akhirnya juga tumbang di tahun 2000, terus radio M97FM yang khusus memutar lagu Classic Rock & Progressive akhirnya dijual oleh Masima ke RCTI grup menjadi Radio TPI yang khusus memutar lagu-lagu dangdut.


Berganti kepemilikan bagi sebuah radio siaran adalah pergantian format yang berarti CNJ tidak memutar musik Jazz & Klasik lagi, mulai september ini di frekuensi 99.9 FM Jakarta hanya terdengar lagu-lagu R&B dan lagu anak muda seperti Pop dan Rock, ya... salah satu radio anak muda kota Bandung berhasil menginvasi Jakarta, NinetyNiners Radio (99ERS) atau PT.Radio Swara Milliard Artha yang menyebut dirinya The Funky Station di Kota Bandunng melebarkan sayapnya di Jakarta. Sebelumnya 99ERS sukses di kota Bandung dengan radio berformat anak muda dan mengudara di 100 FM, sesuai namanya dahulu 99ERS mengudara juga di 99.9 FM sebelum penataan frekuensi menjadi 100 FM dan di Jakarta 99ERS akhirnya mendapatkan frekuensi yang diincarnya yakni di 99.9 FM.

NinetyNiners Radio bukan radio pertama dari Bandung yang "buka cabang" di Jakarta, sebelumnya ada Oz Radio Bandung yang menjadikan PT.Suara Gema Pembangunan di frekuensi 90.8 FM menjadi OZ RADIO Jakarta. Apakah ini menjadi jalan buat radio daerah untuk masuk ke Jakarta juga, bukan cuman radio daerah yang dicaplok jaringan radio Jakarta?


Author: Tamtomo | More Music On: www.tamtomousic.co.cc

No comments: