Wednesday, February 14, 2007

Anggun (Best-Of)

ANGGUN adalah eksotisme Nusantara yang mengorbit di peta musik dunia. Anggun terbit bagiakan mimpi, namanya telah menyetarakan Indonesia di kancah musik Internasional. Album-album internasionalnya seperti Anggun (1998), Chrysalis (2000) dan Luminescence (2005) meroket dijajaran tangga lagu dunia tanpa tertahankan. Lagunya seperti "Snow On The Sahara" dan "In Your Mind" menjadi remarkable songs yang pantas diingat dari masa ke masa. Anggun pun pernah melakukan Tur Keliling Eropa bersama Sarah McLachlan dan Erykah Badu dalam Tur bertajuk Lillith Fair Tour pada rentang 1998. Tak diragukan lagi, Anggun lewat talenta dan ketekunannya telah membuktikan potensi dirinya.

Di negeri asalnya sendiri, Anggun membukukan prestasi tak kalah luar biasa. Dara manis kelahiran 29 April 1974 ini sudah punya belasan album lokal sebelum mengorbit di dunia internasional. Empunya nama lengkap Anggun Cipta Sasmi pertama kali dikenal saat usianya masih 7 tahun tatkala ia merilis album berisikan lagu anak-anak. Dan di usianya yang ke 12 tahun, Anggun merilis sebuah album bertajuk Dunia Aku Punya (1986) yang banyak terpengaruh musik rock. Kesuksesan album tersebut diikuti pula dengan album-album berikutnya Tua Tua Keladi (1990), Anak Putih Abu Abu (1991), Noc Turno (1992) dan banyak lainnya.

Tahun 2006 ini, Anggun merilis sebuah album bertajuk best-of. "Menurutku hadirnya album ini adalah kilas balik dari kerja kerasku dari awal hingga punya tiga album internasional dan semuanya itu aku bikin seperti cocktail untuk para penggemarku," papar Anggun. Anggun memilih sendiri lagu-lagu miliknya untuk masuk kedalam album ini tak terkecuali tiga buah lagu dari albumnya terdahulu untuk diaransemen ulang dan dibawakan kembali dalam versi yang lebih segar. Lagu tersebut adalah "Mimpi" dan "Bayang-Bayang Ilusi" yang diambil dari album Mimpi (1990) dan lagu "Takut" dari album Takut (1990). Ketiga lagu ini diangkat kembali dalam aransemen yang segar garapan Andy Ayunir.

Untuk single hit dari album ini terpilihlah lagu "Mimpi" yang menurut Anggun lagu ini adalah yang paling banyak direquest penggemarnya untuk dibawakan kembali. Lagu Mimpi dalam album best-of ini dihadirkan bagaikan dialog hati Anggun dengan hantaran musik minimalis yang diiringi dengan denting piano dan balutan simfoni iringan Sa’unine.

Lewat album best-of ini, kita dibawa untuk menjejaki langkah ayun Anggun di peta musik Internasional. Tiga track awal merupakan tiga lagu dari album Indonesianya terdahulu yang secara khusus dia terbang dari Paris ke Jakarta untuk merekam ulang lagu tersebut. Dilanjutkan dengan "I'll Be Alright" dan "In Your Mind" dari album Luminiscence (2005). Lalu lagu "Snow on the Sahara" yang menjadi awal karir Anggun di musik Internasional juga dihadirkan. Kita juga dapat menikmati kolaborasi Anggun dengan musisi-musisi ternama seperti DJ Cam di lagu "Summer In Paris" dan Deep Forest di lagu "Deep Blue Sea". Tak ketinggalan sebuah lagu yang menjadi tema film Open Hearts berjudul "Open Hearts".

Anggun kerap ditawari menjadi bintang film oleh beberapa produser bahkan ia sempat menolak ajakan menjadi salah satu ‘Bond Girl’. Lalu apakah setelah dirilisnya album best-of ini Anggun merencanakan untuk mengepakkan sayap di bidang akting? Anggun menjawab dengan bijak, "Aku nggak mau memalukan sutradaranya apalagi masih banyak yang lebih baik dari aku (dalam berakting)." Oh Anggun…

Track Listing
1. Mimpi (New Version)
2. Bayang-Bayang Ilusi (New Version)
3. Takut (New Version)
4. I'll Be Alright
5. In Your Mind
6. Snow On The Sahara
7. Undress Me
8. Deep Blue Sea (Deep Forest feat. Anggun)
9. Still Reminds Me
10. Mantra
11. Kembali
12. Summer In Paris [DJ Cam feat. Anggun]
13. Chrysalis
14. Yang 'Ku Tunggu
15. Open Your Heart (Open Hearts Soundtrack)
16. Snow On The Sahara (Trousers Enthusiasts Radio Edit)
17. A Rose In The Wind (Chris Lord-Alge Remix)
18. Still Reminds Me (Jason Nevins Midtempo Radio Edit)
19. Saviour (Teetoff's Dance Radio Edit)
20. Snow On The Sahara (Amen Remix)

taken from: sony bmg indonesia

No comments: