Tuesday, May 26, 2009

Lupa-Lupa Ingat, Lupakan Sejenak Genre Musik

Lupa, lupa lupa lupa, lupa lagi syairnya.. Ingat, ingat ingat ingat, cuma ingat kuncinya... C A minor D minor ke G ke C lagi... A minor D minor ke G ke C lagi....
Lupakan sejenak pro kontra lagu "pop melayu" yang mendayu-dayu, kali ini kita ngomongin musik "alternatif" maksudnya bukan musik alternatif sesungguhnya tetapi musik gak serius alias humor yang kali ini hanya mengandalkan nada bukan hanya lirik lagu. Kalau denger single Lupa-Lupa/ Tapi Ingat akan mengingatkan pula dengan kelompok lawas Pancaran Sinar Petromax (PSP) atau Pengantar Minum Racun (PMR) atau beberapa kelompok musik serupa yang pernah ada.

Kuburan Band, nama sangar yang mengingatkan kita dengan band-band gothic atau band metal undeground, jelas-jelas 180 derajad bertolak belakang apabila denger single Lupa-Lupa/ Tapi Ingat meski penampilan di panggung tetap berdandan ala band Gothic Metal atau sejenisnya layaknya kelompok KISS atau Marilyn Manson dengan make up, busana bahkan gerakan panggung yang eksentrik. Bahkan band asal Bandung ini memproklamirkan sebagai band beraliran Metal Hydrolik dengan tagline "the 2nd most gothic band in the world", gak tau juga yang dianggap nomor satu oleh Kuburan siapa.

Single Lupa-Lupa/ Tapi Ingat yang diambil dari album kedua berjudul "Booming! (Bee Are The Kill Young Pen Think Gun Thank)", single yang mondar-mandir diberbagai stasiun televisi ini dengan lirik yang sederhana, maksudnya bener-bener sederhana cuman dilang-ulang aja, memiliki racun alias hook pada kedua reffrain-nya yang menurut dunia industri musik laku untuk dijual terutama buat ringbacktone alias RBT. Racun inilah yang menjadikan Lupa-Lupa/ Tapi Ingat terus melejit dan selalu terdengar. Kita ingat pada saat setahun lalu denger lagu Kepompong dari Sind3ntosca dengan racun-racunnya yang laku dijual sampai sekarang bahkan sampai ke Idola Cilik segala meski kalo ngomongin ringbacktone alias RBT menjadi ribet alias "belum tentu" secara langsung menguntungkan dan mengenakkan pemilik lagu seperti kasus Jalu Sind3ntosca dengan Kepompongnya.

Kembali ke Kuburan, maksudnya kelompok Kuburan, terlepas dari pro kontra tentang band ini yang mulai muncul layaknya band "pop melayu" saat ini, terlepas pula dengan sebutan band sampah (bukan band trash metal) kalau kita mendengarkan secara lengkap album kedua ini ada banyak variasi musik yang ditawarkan Kuburan bahkan membingungkan jenis musiknya termasuk lirik lagunya yang aneh dan umumnya mengocok perut, lintas genre terasa sekali apabila mendengarkan keseluruhan track album ini, tentang album inipun kalo dibaca "Biar Dekil Yang Penting Ganteng" dengan sampul yang colourfull sesuai isi albumnya.

Single Lupa-Lupa/ Tapi Ingat yang berjenis musik humor sederhana bahkan berada di track terakhir, lagu pembuka di album ini sebuah instumental berjudul "Samber Nyawa/ Ompol Dewo" dengan bunyi kecapi di akhir lagu trus ada lagu Malin Kundang/ The Story of The Rock" ala kelompok metal jaman Festival Rock Log Zhelebour dahulu. Musik aliran folk juga dirambah Kuburan, lagu "Gemes/ Ulat Bulu" dengan lirik yang nakal, ada aliran house musik plus dangdut plus aroma Agnes Monica pada lagu "Tua Tua Klabing" yang diremix oleh Levy dari The Fly ada juga nuansa jazz fushion yang mengingatkan Emerald Band dengan Ricky Jo pada lagu "Fatamorgana/ Pagi Semu" tetapi tetap dengan lirik yang super nakal tau pada lagu "Ini Mariaku/ Mariamu Juga". Mau lagu reggae juga ada di lagu "Kota Indah/ Indah Kotaku", musik eighties juga ada di "Wreny/ Mau Kemana Loe?" dan yang menarik adalah tampilnya Arina dari kelompok Mocca pad lagu Monkey Love yang menjadikan lagu ini ngepop ala Mocca tentunya seperti berbahasa Inggris.

Selamat menikmati album multi genre dari Kuburan dan lupakan dulu image dandanan dan pakaian personil saat di video klip atau manggung biar gak ikut bingung menikmati musik Kuburan. Mau liat video klip "Lupa-Lupa/ Tapi Ingat" meluncur aja ke TamtomoTV.

Album: Booming! (Bee Are The Kill Young Pen Think Gun Thank)
Tahun: 2009
Label: Waybe Music Indonesia
Band: Kuburan
Member:

- Priya: Ujung Tombak
- Dino: Pemukul Dramer
- Raka: Pemain Gitaris
- Denny: The Bassistman
- Donny: Gitar is melodi
- Udhe: Kiboran

Official Site: www.kuburanbersaudara.com 





Written by: Tamtomo
Comment On Facebook



Author: Tamtomo | More Music On: www.tamtomousic.co.cc

1 comment:

dinnykaa said...

mas tam sy kecele hihihi kirain musiknya sangar heuheuheu, dan kk daf suka bgt sama si c minor d minor, tp sy bingung ngejelasin knp namany kuburan sama s kk daf hihihi malah curhat :p. makasih infonya