Sunday, September 28, 2008

Project Pop, Top Of The Pop

Siapa superstar yang dimaksud Project Pop di lagu ”Bukan Superstar”? Tentunya Ungu, Peterpan, Mulan Jameela, Nidji, Letto, dan Glenn Fredly. Pas dengan jumlah awak Project Pop. Mereka kurang lebih ingin mengatakan, jangan bandingkan Tika Panggabean dengan Mulan Jameela, dong. Begitulah dunia parodi Project Pop.

Parodi atau pelesetan sangat akrab dengan Project Pop, dengan awak Djoni Permato (Udjo), Herman Josis Mokalu (Yosi), Wahyu Rudi Astadi (Odie), Kartika Rachel Panggabean (Tika), Gumilar Nurochman (Gugum), dan Muhammad Fachroni (Oon). Parodi itu terasa pada setiap lirik lagu mereka. Jenis musiknya variatif, mulai rap hingga dangdut, rock hingga disko.

Di tengah ramainya lagu pop sendu, seperti tanpa semangat, taruhlah D’Masiv dengan cinta yang membunuh itu, ada pop riang dengan lirik menggelitik khas Project Pop. Dan, seperti dikatakan bos label Musica Studios, Bu Acin, setiap band mempunyai karakter masing-masing.

Sejak mula, Project Pop memosisikan diri di jalur pop alternatif dengan lirik-lirik yang gaul. Cenderung seenaknya dan menabrak kaidah bahasa. Judul ”Goyang Duyu”, misalnya, adalah pelesetan dari goyang dulu. Penjelasannya, anak kecil kalau bilang dulu biasanya menjadi duyu.

”Kebetulan, sejak awal, kami menemukan formula yang pas buat Project Pop. Jadilah lagu-lagu seperti yang kami cipta dan nyanyikan,” tutur Yosi, awak Project Pop yang paling banyak menciptakan lagu.

Project Pop juga kerap mencatut nama artis untuk dimasukkan ke dalam lagunya. Misalnya dalam lagu ”Pacarku Superstar”, di sana ada nama Krisdayanti, Inul, Dian Sastrowardoyo, hingga Tao Ming Tse.

Lagu ”Bukan Superstar” ciptaan Gugum yang menjadi single pertama di album Top of the Pop bahkan tidak hanya menukil nama, namun juga sentuhan melodi lagu milik grup band bersangkutan. Pada lirik ha ha ha ha ha, misalnya, sangat kental aroma Peterpan-nya. Begitu pula ketika masuk pada lirik Tapi kenyataan aku bukan siapa-siapa…, sangat terasa Nidji-nya. Paling terasa ketika Oon menyanyikan lirik Andai aku Letto, wis pasti aku wong Jowo…. Melodinya menukil bait awal lagu Letto, ”Sebelum Cahaya”.

Album Top of the Pop berisi 15 lagu, dengan tiga lagu baru, yakni ”Bukan Superstar”, ”Goyang Duyu”, dan ”Maramaramara”. Selebihnya adalah lagu-lagu hit seperti ”Pacarku Superstar”, ”Tu Wa Ga Pat”, ”Dangdut is the Music of My Country”, ”Cintaku Berat di Ongkos”, ”Jangan Ganggu”, dan yang paling asyik, ”Metal VS Dugem”.

Kejujuran

Seperti diakui Gugum, membuat lagu itu harus jujur. Dengan demikian, lirik dan melodi yang mengalir benar-benar keluar dari hati. ”Ya meskipun lagu ’Bukan Superstar’ itu prosesnya sampai sebulan. Aku genjreng-genjreng gitar terus sampai akhirnya tercetus lirik ’Bukan Superstar’ itu,” ujar Gugum.

Kejujuran dalam membuat lagu, menurut awak Project Pop, diwujudkan pula pertemanan. Itulah yang membuat Project Pop bertahan sampai 12 tahun di bawah label Musica dan menelurkan tujuh album: Bakpia VS Lumpia (1996), Tu wa Ga Pat (2000), Bli Dong Plis (2001), Pop OK (2003), Pop Ciscus (2005), Six a Six (2007), dan Top of the Pop (2008).

”Kami rezekinya memang berenam. Kami saling menjaga, mengandalkan, dan enggak banyak tekanan. Yosi bikin lagu terus juga enggak ada tekanan. Ya kan rezekinya juga lebih banyak Yosi, ha-ha-ha,” tutur Udjo.

Tika mengungkapkan, hubungan antarawak dalam Project Pop lebih menyerupai adik dan kakak dibandingkan hubungan profesional anak band. ”Kerja bareng, tetapi akrab. Kakak ngajarin adiknya. Kami sadar, ibarat sepak bola, tidak semua lantas jadi kiper,” terangnya.

Project Pop menyebut kebersamaan mereka selama 12 tahun itu sebagai sebuah pembuktian ”the power of friendship”. Itulah mengapa ketika mereka menghubungi satu per satu mulai Pasha Ungu, Giring Nidji, Mulan Jameela, Noe Letto, Ariel Peterpan, hingga Glenn Fredly, untuk meminta izin kutip nama, semuanya mengizinkan tanpa syarat.

Gugum bahkan bisa dibilang versi komikalnya Glenn, saking kerapnya memarodikan Glenn. ”Aku perhatiin betul Glenn, sampai akhirnya diajak tur 5 kota sama Glenn. Mungkin kasihan melihat aku ya, ha-ha-ha,” tukas Gugum.

Artikel diambil dari Kompas Minggu (28.09.08)

Album: Top Of The Pop
Tahun:
2008
Label:
Musica Studio's
Project Pop Are:
Djoni Permato - Udjo, Herman Josis Mokalu - Yosi, Wahyu Rudi Astadi - Odie, Kartika Rachel Panggabean - Tika, Gumilar Nurochman - Gugum/Gummy, Muhammad Fachroni - Oon
Official Site:
www.project-pop.com

Track List:
1. Bukan Superstar
2. Goyang Duyu
3. Maramaramara
4. Metal Vs Dugem
5. Jatuh Cinta
6. Jangan Ganggu
7. Pacarku Superstar
8. TuWa Ga Pat
9. Burkat (feat. Chrisye)
10. Jangan Piki-Piki
11. Pacaran Atau Nggak (TTN)
12. Ade
13. Cintaku Berat Di Ongkos
14. Angkat Dong
15. Dangdut Is The Music of My Country

No comments: