Friday, June 27, 2008

Album Baru Slank - The Big Hip


Slank terus berinovasi. Setelah rekaman di Amerika Serikat, Slank kini mencoba merambah pasar Asia. Bim Bim dan kawan-kawan pun merilis album berbahasa Jepang. Album dengan nama 'The Big Hip' itu tidak hanya dirilis dalam bahasa Jepang. Dua bahasa lain yaitu Indonesia dan Inggris juga dipakai. 'The Big Hip' yang dijadikan nama album merupakan nama band Jepang yang mengajak Slank berkolaborasi. Band tersebut dulunya bernama The Blue Hearts yang populer di Jepang di era 80-an.

Untuk menyanyikan lagu dalam bahasa Jepang, Kaka sang vokalis Slank, tak menemukan kesulitan berarti. Sebelum rekaman, ia mendengarkan lima kali lagu buatan dua personel The Big Hip, Nikioshirai (keyboard), Tetsuya (drum).
"Setiap lagu yang dalam bahasa Jepang, Niki main pakai piano, dia nyari nadanya, terus dia betulin pengucapan saya," tutur Kaka.

Bagaimana ceritanya Slank bisa berkolaborasi dengan The Big Hip? Bim Bim sang drummer berbagi cerita. Dikisahkannya pada Ramadan 2007 lalu, ada orang Jepang yang menghubungi Slank, mengajak kolaborasi dengan The Big Hip.
"Gue tanya sama Abdee siapa Big Hip, ternyata mereka cukup terkenal di Jepang," celoteh drummer bertubuh kurus itu.

The Big Hip menghubungi Slank, tak lama setelah band asal Potlot itu pulang rekaman di Amerika Serikat. Rencananya album yang direkam di Amerika rilis setelah Lebaran mendatang, selang empat bulan setelah Slank merilis album bersama The Big Hip.

Merilis album dalam bahasa Jepang, Inggris dan Indonesia, Slank tetap tak melupakan untuk menaruh lagu yang berbau kritik pada pemerintah. Dijelaskan Bim Bim, 'The Big Hip' yang dijadikan nama album, sebenarnya adalah sebuah sindiran.

"Di album ini kita nyindirnya, kalau misalnya polisi dan tentara, pinggulnya sudah besar, dia harusnya sudah dipecat, makanya dikasih judul Big Hip," tandasnya.

Track List:
01. Rock ‘n Roll
02. Sora
03. Rebut
04. Seperti Para Koruptor
05. Yumede Areba
06. Sexy Cat
07. Utaga Utaidasu
08. Yuwaku
09. Seen Things
10. Hard For You
11. Arigato, Thank You
12. Kilav

Official Site: www.slank.com

No comments: