Tuesday, April 24, 2007

Good Morning Revival (Good Charlotte)

Sukses album The Chronicles of Life and Death tak membuat band yang dimotori si kembar Medden bersaudara terlena. Album ini mencetak Platinum mengikuti kesuksesan album sebelumnya The Young and The Hopeless yang juga berhasil menjajah US Chart dan UK Chart untuk beberapa waktu.

Kepiawaian personil Good Charlotte, Joel Madden (vokal/gitar), Benji Madden (gitar/back vocal), Paul Thomas (bass) dan Billy Martin (gitar) meramu bebunyian terbilang cukup berani. Terbukti saat The Chronicle of Life and Death dirilis mendapat sambutan positif dari para kritikus musik. Perpaduan pop-punk-gothic dengan orkestrasi string yang menggema dalam album tersebut mendapat acungan jempol. Meskipun band ini tetap berpondasi pada pop-punk dengan distorsi yang cadas dan lirik yang lugas namun mereka berhasil membawa dimensi tersendiri untuk menikmati musik karya mereka.

Nggak percaya kalau mereka piawai? Buktinya album Good Morning Revival yang rencananya bakal dirilis Maret 2007 sudah sangat diantisipasi oleh pasar musik Amrik. Publik menanti-nanti kejutan apalagi yang akan dihadirkan Good Charlotte lewat album keempat mereka nanti. Di situs YouTube sendiri, lagu Keep Your Hands Off My Girl sudah bocor dan dibuat video klip versi dari para fans Good Charlotte di seluruh dunia. Lagu ini punya tag yang catchy ‘keep your hands off my girl ’ dengan beat dance yang asyik. Jangan kaget, karena memang di album ini Good Charlotte banyak memasukkan unsur synthsizer dan sound sampling. Niscaya membuat kamu makin terpikat dan tanpa sengaja ikut bergoyang sambil berteriak “Keep Your Hands Off My Girl!” yea…

The River yang menjadi radio hit single album ini pun tak kalah menarik untuk disimak. Menampilkan M Shadows dan Synyster Gates dari band metalcore Avanged Sevenfold. Kolaborasi perdana Good Charlotte ini terasa sebagai sebuah kumpul-kumpul antar sahabat sesama musisi tanpa beban. Disebut perdana, karena sebelumnya Good Charlotte belum pernah berkolaborasi dengan musisi lainnya. Video klip single ini akan disutradarai oleh Don Gillmore (Pearl Jam, Avril Lavigne, dan Linkin Park).
Lebih dalam lagi tentang Good Morning Revival, album ini menyajikan 13 buah track dengan dua diantaranya merupakan intro (Good Morning) dan outro (March On). Melibatkan kembali Don Gilmore yang pernah memproduseri album pertama GC untuk kembali menangani produksi album ini. Hampir saja tertipu oleh irama pop lagu Something Else yang hampir meninggalkan rasa Good Charlotte. Lagu ini menjadi semacam pemertegas ‘kompromis’ Good Charlotte di album ini yang mana pada album sebelumnya mereka merasa terlalu selfish dalam bermusik. Tapi bukan Good Charlotte namanya jika tidak membuat kejutan. Lagu Broken Hearts Parade tampaknya menjadi sebuah media bagi mereka untuk mengungkapkan kekecewaannya saat harus melepaskan Chris (mantan drummer) untuk berobat ke pusat rehabilitasi. Meskipun sempat diwarnai gugatan yang dilayangkan Chris kepada Good Charlotte, keempat personil yang tersisa mengatakan bahwa keputusan memberhentikan Chris adalah demi kebaikan bersama. Ini terungkap lewat situs resmi mereka, www.goodcharlotte.com.

A Beautiful Place merupakan lagu manis bernuansa sedikit pop-ballad dengan membawa emosi kekeluargaan. Dengarkan saja liriknya : We live in a beautiful place // Let love take away all this pain. Juga halnya dengan lagu manis Where Would We Be? yang punya lirik : What would you do now darling // now if I said these simple words..

Sudah, jangan mellow terus. Saatnya beranjak ke lantai dansa dengan lagu Dance Floor Anthem yang membawa suasana dance yang beda. Mengikuti trend musik saat ini dengan tanggung jawab untuk terus memberikan musik berkualitas ditunjukkan disini. “Kita selalu mencari sesuatu yang baru. Di album baru ini harus menampilkan influence yang baru dan berbagai kolaborasi dengan artis dan jenis musik yang total berbeda dengan kebiasaan kita,” ungkap Good Charlotte. Lagu itu baru pemanasan, puncaknya ada di Victims Of Love. Dance yang mengigit, lirik yang mengiris dan semuanya yang membuat lagu ini tak hanya enak di telinga tapi juga enak untuk dijadikan pengantar melantai di lantai dansa.

Tracklist Good Charlotte – “Good Morning Revival” :

1. Good Morning (Intro)
2. Misery
3. The River (feat. M Shadows & Synyster Gates)
4. Dance Floor Anthem
5. Keep Your Hands Off My Girl
6. Victims of Love
7. Where Would We Be?
8. Break Her Heart
9. All Black
10. A Beautiful Place
11. Something Else
12. Broken Hearts Parade
13. March On (Outro)

www.goodcharlotte.com

No comments: