Monday, August 14, 2006

Fourplay (Album: X)

Album X Milik Fourplay Telah Dirilis !

Siapa tak kenal Fourplay? Supergrup ini berisikan musisi-musisi handal dibidangnya.
Sedikit band yang tetap eksis dan mampu mempertahankan performance-nya dengan baik.
Diantara yang sedikit itu adalah FOURPLAY, kuartet yang terdiri dari musisi kawakan Bob James (keyboard, piano), Harvey Mason Sr (drum, perkusi), Larry Carlton (gitar) dan Nathan East (bass). Mereka teguh setia di jalur contemporary jazz dan berkarir secara cemerlang selama lebih dari 15 tahun lamanya.

Kini FOURPLAY merilis album terbaru yang merupakan album kesepuluh berjudul X, karya yang menampilkan talenta tertinggi dari setiap personilnya. Ada 9 karya yang dikemas di album ini, dimana mereka masih mengandalkan musik smooth jazz yang konsisten dimainkan sejak dari album pertama.

Dentingan piano James dengan pas mewarnai setiap komposisi, dipadu dengan petikan gitar Carlton yang elegan nan bluesy. Adapun Nathan East mengimbanginya dengan sentuhan betotan bass lembut, dimana sesekali vokalnya mengiringinya. Mason tak ketinggalan memberikan sentuhan perkusi yang ritmis dan nge-groove. Sebuah kombinasi sempurna, yang menghantarkan penikmat musiknya dalam suasana cozy, romantis, dan penuh intimacy.

Proses penggarapan album terbaru ini terbilang cukup unik. Kalau di album-album sebelumnya mereka biasanya membuat demo kemudian berkumpul di studio untuk digarap bareng. Kini dengan perangkat teknologi, masing-masing personil membuat komposisi dan saling mengirimkan ke personil lain dalam bentuk file MP3, untuk diisi sesuai parts masing-masing. Baru pada tahap penyempurnaan mereka berkumpul di studio.

Dari 9 karya yang ada, delapan buah merupakan komposisi instrumental dan satu lagi karya berjudul “My Love’s Leavin’,” yang menghadirkan vokalis tamu Michael McDonald. Keterlibatan penyanyi yang berciri khas vokal soulful baritone dengan Fourplay ini bukan kali pertama. Sebelumnya Fourplay pernah bekerja sama menggarap proyek album McDonald dibawah Motown dalam lagu Stevie Wonder berjudul Too High. Dengan pengalaman tersebut, mereka sepakat untuk menjalin kerjasama lagi dengan menggarap lagu milik Steve Winwood berjudul My Love’s Leavin’. Single inilah yang menjadi penggerak Fourplay untuk memperkenalkan album X.

Album X dari Fourplay diluncurkan di pasaran tepat pada 8 Agustus 2006. Bertepatan dengan rilis album ini, FOURPLAY mengadakan rangkaian konser dunia. Diprakarsai oleh promotor Buena Produktama, Fourplay menggelar konser di Indonesia tepatnya di Surabaya (13 Agustus) dan Jakarta (14 Agustus) 2006. Kehadiran band ini beserta album barunya diharapkan menjadi pemuas kerinduan para pencinta musik di tanah air.

Track Listing
1. Turnabout
2. Cinnamon Sugar
3. Eastern Sky
4. Kid Zero
5. My Love's Leavin' (feat. Michael McDonald)
6. Screenplay
7. Twilight Touch
8. Be My Lover
9. Sunday Morning

Official Site: www.fourplayjazz.com

No comments: