Saturday, July 18, 2009

Anugerah Planet Muzik ’09 (The Winners)

Ajang penghargaan dunia musik 3 negara serumpun (Indonesia, Malaysia, Singapura) telah usai digelar beberapa jam yang lalu di JCC Jakarta, Anugerah Planet Muzik '09 tahun ini pertama kali digelar di Indonesia dan sebagai penerima penghargaan didominasi artis/ band Indonesia. Acara APM tersebut juga sisiarkan secara langsung di empat negara termasuk Brunei Darusalam dengan pengisi acara kolaborasi artis-artis Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Band GIGI dari Indonesia bahkan mendapat penghargaan khusus APM yang diberi nama Anugerah Khas Planet Muzik untuk dedikasi GIGI dalam dunia musik. Penghargaan khusus lain adalah Anugerah Cinta Planet Muzik yang diterima pemusik Dik Doank yang aktif dalam kegiatan sosial. Afgan dengan album Confession No.1 meraih dua gelar sekaligus dalam Kategori Terbaik pilihan dewan juri sebagai Best Male Artiste/ Artis Lelaki Terbaik dan sebagai Best Album/ Album Terbaik. Yovie & Nuno juga mendapatkan 2 penghargaan sebagai Best Duo/ Group dan Artis Populer dari Indonesia bersama Hady Mirza (Singapura) dan Siti Nurhaliza (Malaysia). Penerima penghargaan kategori Terbaik alain dari Indonesia lainnya antara lain NIDJI (Laskar Pelangi) sebagai Best Song, Dewiq-Ipang dalam Kolaborasi Terbaik Dalam Lagu, Kotak sebagai New Duo/ Group dan Bunga Citra Lestari sebagai Best Female Artiste.

Slank dengan lagu Kuil Cinta juga mendapat salah satu penghargaan Lagu Populer di 3 Negara, Kaka Slank bahkan tampil juga membacakan nominasi (plus nunjukin tulisan anti teroris di bagian belakang celana!). Siti Nurhaliza yang tenar di 3 Negara selain mendapatkan penghargaan sebagai Artis Populer Malaysia juga mendapatkan penghargaan sebagai Artis Serantau Paling Populer yang artinya terkenal di tiga negara.

Yang menggembirakan dari acara ini adalah tidak menangnya band-band dan lagu yang sering disebut sebagai band "melayu" meski acara ini sendiri milik negeri jiran berbeda dengan penghargaan milik bangsa sendiri beberapa waktu yang lalu yang lebih banyak memenangkan musik "melayu". Justru Yovie & Nuno, Afgan dan NIDJI lebih mendominasi penghargaan dan performance acara ini meskipun ada juga ST12. Semoga dengan kehadiran Anugerah Planet Muzik di Indonesia akan merekatkan hubungan antara ketiga negara serumpun khususnya dalam dunia musik yang tak mengenal lintas negara.

Pemenang Secara Lengkap Anugerah Planet Muzik 2009:

Kategori Terbaik
1. Best Vocal Performance In A Song (New Male Artiste)/ Persembahan Vokal Terbaik Dalam Lagu (Artis Baru Lelaki): Aizat (Hanya Kau Yang Mampu)
2. Best Vocal Performance In A Song (New Female Artiste)/ Persembahan Vokal Terbaik Dalam Lagu (Artis Baru Wanita): Ayu (Hanya Di Mercu)
3. Best Performance In A Song/ New Duo-Group (Persembahan Vokal Terbaik Dalam Lagu/ Duo-Kumpulan Baru Terbaik): Kotak (Masih Cinta)
4. Best Collaboration In A Song/ Kolaborasi Terbaik Dalam Lagu: Dewiq feat. Ipang (Bete)
5. Best Male Artiste/ Artis Lelaki Terbaik: Afgan (Confession No.1)
6. Best Female Artiste/ Artis Wanita Terbaik: Bunga Citra Lestari (Hanya Kamu)
7. Best Duo/ Group (Duo/ Kumpulan Terbaik): Yovie N Nuno
8. Best Album/ Album Terbaik: Afgan (Confession No.1)
9. Best Song/ Lagu Terbaik: Laskar Pelangi (NIDJI/ Ost.Laskar Pelangi)

Kategori Populer:
1. Artis Paling Populer Singapura: Hady Mirza
2. Artis Paling Populer Malaysia: Siti Nurhaliza
3. Artis Populer Indonesia: Yovie N Nuno
4. Artis Serantau Paling Populer Di 3 Negara: Siti Nurhaliza
5. Lagu Populer di Malaysia: Hanya Kau Yang Mampu (Aizat)
6. Lagu Populer di Singapura: Impianku (Didicazly)
7. Lagu Populer di Indonesia: Kuil Cinta (Slank)

Penghargaan Khusus:
1. Anugerah Khas Planet Muzik (Achievement Awards): GIGI
2. Anugerah Cinta Planet Muzik (Humanitarian Award): Dik Doank

Komentar Di Fesbuk

Author: Tamtomo | More Music On: www.tamtomousic.co.cc


No comments: