Monday, October 02, 2006

UNGU: Album 'SurgaMu'

Bagi Ungu, musik religi adalah sebuah pengabdian yang total sebagai hamba Tuhan. Walau menghadapi tantangannya dalam penulisan, demi membuat lirik yang menyentuh rasa Ketuhanan banyak orang, akhirnya grup ini berhasil menelurkan sebuah album mini.

Sejatinya musik religi Ungu ini merupakan bagian dari ibadah dan pengabdiannya pada Tuhan. Lirik-liriknya ditulis lebih jujur dan lebih natural. Dengan mengubah lirik cinta universal antar manusia menjadi syair cinta pada kebesaran Tuhan, Ungu mempersembahkan SURGAMU.

Dalam mini album religi ini, Ungu lebih menekankan interprestasi lagu pada kekuatan aransemen. Dan ini terlihat dalam SurgaMu yang teradapat unsur orkestra dengan koor anak-anak dan kalimat yang diulang-ulang: Allahu Akbar Allahu Akbar. Dengan string section gabungan dari orkestra akustik dan string keyboard. Enda memasukkan petikan gitar elektrik dan diiringi koor 8 anak dari Bina Vokalia Pranajaya, dan membuat kesan megah dalam lagunya.

Di lagu Doa yang ditulis Enda, nyaris terdengar layaknya musik pop Ungu, lengkap dengan petikkan gitar Enda dan Oncy yang berdistorsi tipis didalamnya. Bedanya terletak pada beberapa baris syair, satu diantaranya kata Ridho satu kosa kata yang biasa dipakai pada syair lagu Islami.

Di lagu Selamat Lebaran, ciptaan Pasha terbaca sangat universal walau terdengar agak pasaran tetapi merefleksikan kenikmatan lebaran pada suasana "hari kemenangan" di kampung halaman. Dan di lagu Andai Kutahu, Pasha mendapatkan ilham istimewa meski basic liriknya merupakan permainan logika manusia. Setiap manusia harus tahu bahwa Tuhan menciptakan isi dunia dengan penuh warna. Karena itulah, pada lagu ini bisa dijumpai bahasa musik universal.

Dan untuk melengkapi mini album religi ini, dipilih lagu no name Shalawat yang dimainkan dalam tempo lebih lambat, meski tetap mengandalkan peralatan musik lengkap, dari permai'an drum Rowman, 'duet gitar' elektrik Arlonsy Miraldi (Oncy) dan Enda, serta vocal Pasha.

Andai Ku Tahu

andai ku tahu kapan tiba ajalku
ku akan memohon , "TUHAN tolong panjangkan umurku"
andai ku tahu kapan tiba masaku
ku akan memohon, "TUHAN jangan KAU ambil nyawaku"

aku takut akan semua dosa-dosaku
aku takut dosa yg terus membayangiku

andai ku tahu malaikatMU kan mejemputku
izinkan aku mengucap kata taubat padaMU

aku takut akan semua dosa-dosaku
aku takut dosa yg terus membayangiku
ampuni aku dari segala dosa-dosaku
ampuni aku, menangisku bertaubat padaMU

aku manusia yg takut neraka
namun aku juga tak pantas di surga


Lirik selengkapnya di SINI


1 comment:

nico said...

lgu brux kpn mo mncl lg???